Form Login



Agenda Kegiatan Masjid

Jadwal Sholat Kota Jakarta
Beranda Sejarah Berdiri
Sejarah Berdiri dan Perkembangannya Cetak

Sejak kantor BI pindah dari Kota ke Gedung BI Thamrin pada awal tahun enam puluhan, telah dirasakan adanya keinginan untuk mempunyai masjid di lingkungan perkantoran BI. Dari catatan sejarah, diketahui bahwa BI telah mempelopori tersedianya sarana peribadatan bagi umat Islam di Gedung BI Kota pada awal tahun 50-an.

Keinginan untuk menghadirkan sebuah masjid dalam lingkungan kantor BI tersebut secara lebih kongkrit tertuang pada waktu disusunnya Master Plan KOPERBI (Komplek Perkantoran Bank Indonesia) pada tahun 1978, yang kemudian direvisi dalam Master Plan 1988. Masjid direncanakan di sisi Jl. Abdul Muis, hal ini dimaksudkan untuk memudahkan masyarakat di sekitar bisa masuk ke dalam masjid.

Dalam revisi Master Plan KOPERBI 1998 dikembangkan konsep baru dalam pengaturan tata letak bangunan, di mana masjid ditempatkan pada lokasi paling barat, di sisi jalan Budi Kemuliaan. Dengan konsep ini, secara simbolis bangunan masjid menjadi “imam”/ orientasi bangunan kantor lainnya di KOPERBI, yang mencerminkanniat bahwa segala hal yang dilakukan dalam kegiatan bekerja adalah ibadah semata karena Allah SWT.

Dengan kehadiran masjid di lingkungan komplek perkantoran BI diharapkan dapat meningkatkan kegiatan keagamaan, khususnya agama Islam di BI. Lebih jauh lagi diharapkan masjid tidak hanya dipergunakan sebagai tempat untuk melaksanakan kegiatan ibadah ritual saja, tetapi juga sebagai pusat pembinaan mental, budaya dan kesejahteraan umat. Sehingga diharapkan dapat membentuk kepribadian pegawai BI yang muhlis dan istiqomah.

Dengan latar belakang tersebut di atas, maka pada pertengahan tahun 1998, Direktorat Logistik dan Pengamanan dan Dewan Gubernur menyepakati sebuah nama masjid di komplek BI dengan nama “Baitul Ihsan”. Pemberian nama masjid tersebut kemudian secara resmi dikukuhkan sebagai nama masjid di komplek BI, yang dilakukan pada acara Peresmian Dimulainya Pembangunan Masjid KOPERBI oleh Gubernur Bank Indoensia. Kemudian masjid itu sendiri diresmikan penggunaanya pada tanggal 18 Mei 2001.


Laporan Hasil Penelitian

Balai Litbang Agama Jakarta 2006