Form Login



Agenda Kegiatan Masjid

Jadwal Sholat Kota Jakarta
Beranda Majalah Online Sebagian Ciri Orang Yang Bertakwa
Sebagian Ciri Orang Yang Bertakwa
Ditulis oleh Administrator   
Jumat, 08 Maret 2013 08:29

SEBAGIAN CIRI ORANG YANG BERTAKWA

Oleh: Ust. Dedy Martoni. S.Pd, M.Si


Allah Swt berfirman di dalam surat Al Imran ayat 133-134 yang berbunyi “Dan bersegeralah kamu mencari ampunan dari Tuhanmu dan mendapatkan surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan bagi orang yang bertakwa. (Yaitu) orang yang berinfak, baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang lain. Dan Allah mencintai orang yang berbuat kebaikan. ” Manusia merupakan makhluk Allah yang tak pernah luput dari kesalahan dan kelalaian, oleh karenanya Allah Swt memerintahkan kepada kita untuk segera memohon ampunan kepadanya, membersihkan diri dari segala kesalahan dan kelalaian yang telah diperbuat, baik dengan sengaja maupun tidak sengaja. Karena sesungguhnya Allah mencintai hamba-hamba-Nya yang selalu memohon ampunan kepada-Nya. Allah Swt menjanjikan balasan bagi mereka yang selalu memohon ampunan yakni surga yang luasnya seluas langit dan bumi. Surga yang di dalamnya disediakan berbagai keindahan bagi hamba-hamba-Nya yang bertakwa.


Rasulullah Saw pernah berkata bahwa tidak akan mungkin keindahan surga itu dapat dilihat dengan pandangan mata kita saat ini. Semua itu dijanjikan kepada hamba-hamba-Nya yang bertakwa yakni mereka yang selalu memohon ampunan dan mendekatkan diri kepada Allah Swt. Berbahagialah orang yang bisa memanfaatkan banyak momentum kebaikan dan amal shalih. Berbahagialah orang yang  suka memberi, suka beristighfar terutama di waktu sahur, suka berinfaq siang dan malam baik secara diam-diam atau secara terang-terangan.


Berbahagialah pemuda yang hidup dalam ketaatan kepada Allah, ia ingat kepada Allah saat sendiri lalu mengucurkan air matanya karena takut kepada-Nya. Berbahagialah wanita yang ketika mengetahui bahwa menutup auratnya itu wajib lalu dia segera menyambut perintah Tuhannya. Berbahagialah seorang isteri yang taat kepada suaminya selagi perintahnya bukan dalam rangka bermaksiat kepada Allah. Berbahagialah orang yang medirikan shalatnya yang lima waktu, suka memberi dan berbagi, menyayangi anak yatim dan memelihara silaturahim.


Orang yang bertakwa kepada Allah ialah mereka yang peduli terhadap hartanya dengan cara mengeluarkan sedekah, membantu orang-orang yang berhak, selalu memohon ampunan dan memaafkan siapa saja yang berbuat salah kepada kita. Bersihkan hati, bersihkan diri untuk selalu menjadi hamba-Nya yang bertakwa.